fbpx
Lompat ke konten

Rincian Modal Usaha Depot Air ~ Membuat rincian modal usaha depot air minum sebelum memulai usaha sangat penting untuk dilakukan. Hal ini akan sangat membantu Anda memperoleh gambaran berapa modal yang harus disiapkan. Serta tidak asal-asalan memulai usaha tanpa perincian modal sama sekali. Sekaligus untuk meminimalkan risiko kerugian akibat tidak memiliki perhitungan modal dari awal.

Banyak pengusaha yang asal-asalan membuka sebuah usaha dan menjalankan menggunakan modal pinjaman. Semua dilakukan tanpa ada perhitungan dan rincian modal secara jelas padahal tidak menggunakan modal sendiri. Hal ini akan jauh memiliki risiko karena modal pinjaman yang didapatkan harus dikembalikan. Setiap bulan Anda harus membayar angsuran beserta bunganya secara rutin.

Walaupun Anda menggunakan modal sendiri dan bukan modal pinjaman, namun rincian modal usaha depot air minum sangat penting. Agar Anda tidak kehabisan modal sendiri yang sudah dikumpulkan dengan susah payah. Dari rincian secara jelas diharapkan usaha depot air minum bisa dikembangkan untuk mendapatkan penghasilan lebih besar untuk mengembalikan modal awal.

Pentingnya Membuat Rincian Modal Usaha

Sebelum memulai sebuah usaha, Anda wajib membuat rincian modal yang diperlukan. Alasan pentingnya membuat rincian modal ini adalah sebagai berikut.

1. Agar memiliki gambaran modal yang dibutuhkan

Sebuah rincian modal usaha depot air minum sangat dibutuhkan dan penting bagi para pengusaha pemula. Salah satunya adalah agar Anda memiliki gambaran modal yang dibutuhkan untuk memulai menjalankan usaha. Dengan begitu Anda bisa tahu sumber modal yang akan digunakan untuk memulai usaha baik dari modal pribadi, pinjaman atau orang tua.

2. Untuk bisa mengetahui untung dan ruginya

Dengan bantuan rincian modal usaha yang terinci dengan detail maka bisa mengetahui untung dan ruginya. Jika dari awal Anda sudah tahu berapa kira-kira untung yang didapatkan tentu bisa semakin yakin untuk memulai usaha depot air minum. Begitupun jika Anda mengetahui kerugiannya tentu bisa berpikir ulang untuk menjalankan usaha tersebut.

Rincian Modal Usaha Depot Air

3. Sebagai pertimbangan dalam membuat keputusan usaha

Tujuan dari membuat rincian modal usaha depot air minum adalah sebagai pertimbangan dalam membuat keputusan usaha. Perlu Anda ketahui membuat usaha dalam skala besar ataupun kecil tetap membutuhkan yang namanya rincian usaha. Dengan begitu Anda tidak bertindak dan membuat keputusan secara asal-asalan tanpa ada rincian yang jelas.

4. Untuk acuan dalam mencari strategi penjualan

Dari rincian modal dalam menjalankan usaha depot air minum bisa juga dijadikan acuan dalam mencari strategi penjualan. Hal ini sangat penting mengingat tanpa ada strategi penjualan sebuah usaha baru akan sulit berjalan karena belum dikenal. Dari rincian modal tersebut Anda juga bisa menentukan target berapa penjualan yang harus dihasilkan.

5. Lebih jelas dalam memulai suatu usaha

Pentingnya rincian modal usaha depot air minum membantu Anda lebih jelas dalam memulai suatu usaha.

  • Pertama Anda mengetahui berapa modal yang sudah dikeluarkan untuk usaha depot air minum.
  • Kedua mengetahui modal harian untuk menjalankan usaha.
  • Ketiga target yang ingin dicapai lebih jelas demi mengembalikan modal awal tersebut.

Rincian Modal yang Dibutuhkan

Hampir semua jenis usaha apapun termasuk depot air minum tentu membutuhkan yang namanya rincian modal usaha depot air minum. Adapun rincian yang harus diperhatikan dari awal adalah penentuan tempat. Jika Anda memiliki tempat sendiri tentu tidak perlu mengeluarkan biaya sewa, namun jika tidak ada tempat maka harus dirinci berapa biayanya.

Rincian modal dihitung secara kasar:

  1. Sewa lokasi usaha : 2-15 juta per tahun (tergantung daerah)
  2. Peralatan : 10 -30 juta (mesin, galon dan peralatan lain)
  3. Tutup galon, tisu, air : 2 juta
  4. Gaji karyawan : 500.000 – 1.000.000
  5. Biaya listrik per bulan : 150 – 300 ribu.

Estimasi keuntungan yang didapatkan setelah mengetahui. Dari pembelian air, tutup, tisu khusus Anda hanya membutuhkan modal 1.000 per galon. Kalau menjual sau galonnya dengan harga 5.000 maka mendapatkan untung 4.000. Sehari mampu menjual 100 galon maka dapat untung 400.000 dari usaha air isi ulang.

Modal Lain yang Dibutuhkan untuk Menjalankan Usaha

Selain modal yang dijabarkan di atas, Andaperlujugamenyiapkanbeberapa modal tambahan lain seperti di bawahini.

a. Modal untuk promosi awal

Selain modal utama yang sudah dibuat maka masih ada modal lainnya. Seperti modal yang harus dikeluarkan untuk promosi pada awal Anda memulai usaha depot air minum. Promosi sangat penting agar banyak orang mengenal usaha air isi uang Anda dan bisa mendatangkan banyak pelanggan.

b. Kendaraan yang digunakan

Anda juga harus memikirkan kendaraan yang digunakan jika ada layanan mengantarkan ke para pelanggan. Jika pelanggan masih sedikit maka cukup menggunakan kendaraan sepeda motor saja dalam satu hari. Namun jika sudah memiliki banyak pelanggan dan agar bisa menjangkau area yang lebih luas maka perlu dipikirkan kendaraannya lagi.

c. Gaji bulanan karyawan yang membantu

Dalam memulai usaha depot air minum Anda juga harus memikirkan modal untuk gaji karyawan yang membantu. Pada awal buka sebaiknya hanya satu karyawan dulu yang mau membantu Anda menjalankan usaha. Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau gaji karyawan baru antara 500-1.000 juta per bulan dan harus Anda rinci secara jelas.

Membuat rincian modal untuk menjalankan usaha depot air minum sangat penting dilakukan sejak awal. Sehingga dalam memulai usaha Anda menjadi memiliki gambaran berapa modal yang harus disiapkan dan sumber modal juga harus diperhatikan. Sehingga usaha yang dijalankan dengan lebih jelas dan tidak asal-asalan. Ref

Sekian informasi terbaru Desember 2022 dari invirotec.co.id mengenai Rincian Modal Usaha Depot Air Minum untuk Memulai Usaha Anda semoga bermanfaat bagi bapak/ibu semuanya, silahkan feel free saja untuk menghubungi Kontak CS INVIRO. Terimakasih selamat bergabung dan menjadi mitra INVIRO. Semoga kesuksesan, kesehatan & kebahagiaan senantiasa dilimpahkan kepada Bapak/Ibu sekeluarga sekalian. Rincian Modal Usaha Depot Air